Seluma Berbudaya dan Beragama, Bukan Wacana Belaka

  • Whatsapp

sudutruang.id, Seluma – Program Seluma Berbudaya yang dicanangkan oleh Bupati Seluma Erwin Octavian bukanlah wacana belaka, terbukti pada Jum’at malam 11 Maret 2022, Bupati Seluma mengundang tokoh agama sekaligus pengasuh pondok pesantren di wilayah Kabupaten Seluma ke Gedung Daerah Serasan Seijoan. Sebelumnya Erwin lebih dulu telah mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di kabupaten Seluma.

Kunjungan langsung Erwin ke Pondok Pesantren bertujuan untuk meninjau secara langsung keadaan Ponpes yang ada di kabupaten Seluma, serta sebagai perwujudan Program Seluma yang Berbudaya dan Beragama.

Bacaan Lainnya

“Kita masuk ke perogram seluma yang beragama dan berbudaya, kemarin kita sudah berkunjung langsung ke Pompes yang ada di Seluma, tujuan kita untuk melihat kondisi sebenarnya yang terjadi,” Ungkap Bupati Seluma Erwin Octavian.

Selanjutnya kata Erwin, untuk menselaraskan Program Bupati Seluma, maka akan dibuatkan Forum Ponpes yang ada di kabupaten Seluma. Forum ini sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi bagi pemangku-pemangku Ponpes yang ada di Kabupaten Seluma Khususnya.

“Keberadaan Ponpes ini sangat berpengaruh dalam memajukan suatu daerah, baik dari pembangunan serta hal lainnya, dari itu Pemkab Seluma akan mensupport seluruh Ponpes yang ad a di Seluma”. Tegas Erwin.

Sementara itu, pada Sabtu 12 Maret 2022, Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran nya melakukan kunjungan ke tokoh dan Pelaku Seni dan Budaya di Kecamatan Air Periukan dan Sukaraja.

“Kita bersyukur sekali di tengah kemajuan zaman saat ini masi ada pengiat seni yang tetap melestarikan budaya, karena kemajuan suatu daerah itu tidak lepas dari Budaya yang tetap di jaga,” Jelas Erwin, saat melakukan pertemuan dengan kelompok Sangar di Kecamatan Sukaraja.

Menyikapi itu, KH. M. Ma’shum Muis salah satu tokoh agama sekaligus pengasuh Pondok Pesantren, sangat mengapresiasi apa yang di gagas oleh Bupati dan Wakil Bupati Seluma tersebut menurut nya dengan mengumpulkan para kiyai di Seluma tersebut adalah sebuah langkah perwujudan dari seluma yang beragama.

“Dikumpulkannya para Kiyai Pondok Pasantren dibawasanya apa program Bupati ini memang mau dilaksanakan, jadi bukan sekedar wacana saja, kita siap prinsip nya mendukung apa yang menjadi program dari Bupati Seluma,” Tegas Ma’shum.

Selain itu kata Ma’shum, Gagasan Bupati Seluma untuk membuat forum Pompes tersebut sangat baik sekali karena dengan di buatnya forum tersebut tentu bisa menampung keluhan serta kendala dari Pompes yang ada di kabupaten Seluma.

“Ya forum ini sangat penting, karena lewat forum ini silaturahmi antar pompes terjalin, kemudian bisa usulan yang menjadi prioritas utama pompes di kabupaten Seluma sebelum melakukan pertemuan bisa kami bahas terdahulu di internal kami,” Tandas Ma’shum. (Dilan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *